Pendidikan adalah kebutuhan
asasi manusia. Kualitas hidup manusia sebagai individu dan peradaban manusia
sangat dipengaruhi oleh tingkat dan proses pendidikan yang dialaminya.
Oleh karena itu pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting bagi peradaban manusia.
Oleh karena itu pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting bagi peradaban manusia.
Proses pendidikan
tidak hanya di sekolah formal saja, namun juga sangat dipengaruhi oleh
lingkungan keluarga dan masyarakat di sebuah negara (informal dan non formal).
Seorang anak didik yang dididik di sekolah dengan believe positif (sesuai
dengan nilai-nilai Islam), namun di tengah keluarga dan masyarakat ia menerima
secara massive believe yang bertentangan melalui budaya dan media massa, maka
pendidikan di sekolah menjadi sangat tidak efektif lagi. Apalagi pada era informasi seperti sekarang ini.
Informasi begitu deras diperoleh dari media elektronik seperti radio, TV dan
internet. Selain bisa diakses 24 jam, media-media ini menyediakan banyak
sekali pilihan. Maka guru di sekolah, tidak lagi menjadi satu-satunya panutan
bagi anak didik. Orang tua tidak lagi menjadi satu-satunya panutan di keluarga.
Fenomena ini yang harus dijawab oleh Lembaga Pendidikan era sekarang ini.
Perhimpunan Pembina
Pendidikan Mutiara Islam lahir dengan latar belakang pemikiran seperti
tersebut.
Mutiara Islam
lebih dahulu mementingkan program ulang bawah sadar setiap anak didik dengan
believe dan value kepada anak didik bersama-sama orang tua. Setelah itu baru
bisa memanfaatkan sisi positif Media massa untuk melakukan percepatan
pendidikan.
Bahasa menjadi bagian sangat penting untuk
proses pendidikan anak. Oleh karena itu Mutiara Islam menganggap penting bagi
siswa untuk menguasai bahasa sebagai alat mengeksplorasi pengetahuan dan
ketrampilan. Sebagai bahasa internasional, bahasa inggris sudah seharusnya
dikuasai dengan baik.
Diharapkan, dengan
terus melakukan eksplorasi ilmu pengetahuan maka setiap anak didik akan
bertumbuh-kembang menjadi manusia pembelajar. Dengan demikian, kualitas hidup
anak-anak didik ke depan akan menjadi lebih baik.
Visi dan Misi SD Mutiara Islam
Visi :
1. Menjadi Lembaga
Pendidikan yang melahirkan generasi Islam mampu menjawab tantangan jaman
2. Menjadi Lembaga
Pendidikan Islam yang mensinergikan kekuatan Pendidikan Formal-Informal dan Non
Formal.
Misi :
1. Menanamkan believe-Value dan rule Islam
sejak dini sehingga menjadi program bawah sadar
2. Bersama-sama Orang tua peserta didik
mengoptimalkan seluruh potensi anak didik sehingga tumbuh menjadi manusia Kamil
Falsafah Pendidikan Islam
Konsep Pendidikan Islam
Tujuan Pendidikan Islam
Tujuan pendidikan Islam adalah menghasilkan
generasi yang berkepribadian Islam. Berpola pikir dan berpola jiwa Islami.Siap
hidup dengan tantangan jaman.
Kurikulum Pendidikan Islam
Mendukung tercapainya Tujuan Pendidikan
Guru Muslim Sebagai Figur Teladan
Guru Muslim Memiliki Kelayakan/Kredibilitas
Sarana dan prasarana
Kepemimpinan dan Manajemen
Penelitian dan Pengembangan
Empat Program Pokok
Aplikasi Program (Target) Play Group
Aplikasi Program (Target) TK
Aplikasi Program (Target) SD
Percepatan Pembelajaran
Percepatan
pembelajaran akan terjadi jika sudah terbentuk sikap kepribadian pada siswa
sebagai 'Manusia Pembelajar'. SD Mutiara Islam mengantarkan adak didik sebagai
manusia pembelajar, yang senantiasa tertarik untuk berkembang dengan belajar
melalui : mendengar, bertanya, membaca dan diskusi. Apalagi, SD Mutiara Islam
memfasilitasi penguasaan informasi melalui teknologi internet, dengan membuka
sekolah internet untuk seluruh siswa. Usia boleh setara SD, namun pemikiran dan
sikap telah berkembang lebih ke depan meraih kesuksesan dalam hidup.
Parenting Islami
Pendidikan adalah tanggung jawab orang tua. Sekolah hanyalah sekedar membantu
orang tua seoptimal mungkin dengan segala fasilitas yang ada. Oleh Karena itu,
orang tua tidak boleh ketinggalan dalam hal menjadi pendidik yang baik bagi
anak-anaknya. Orang tua harus belajar lagi. Belajar terus bagaimana menjadi
pendidik yang baik bagi anaknya. Mutiara Islam memfasilitasi Parenting Islami
bagi para orang tua, agar mereka senantiasa belajar mendidik anaknya mengikuti
perkembangan jaman.
Pelaksanaan proses belajar mengajar berdasar Standar Operasional Prosedur (SOP)
yang telah ditentukan oleh Manajemen SD Mutiara Islam, menjamin Mutu Pendidikan
(Quality Guarantee) lulusan SD Mutiara Islam adalah sebagai berikut :
1. Mempunyai aqidah yang Jelas, kuat dan lurus
2. Cinta Allah, Cinta Rasulullah,
Cinta Alquran, Cinta Islam
3. Mampu membaca Alqur’an dengan baik dan benar
4. Hafal Juz 30 Alqur'an /Juzz ’amma
5. Mampu menerjemahkan Alqur’an Juzz 'Amma
6. Bisa sholat dengan baik dan benar
7. Mampu menghafal doa-doa sehari-hari dan membiasakannya
8. Menjadi anak sholeh dengan aktivitas Islam sehari-hari seperti :
3. Mampu membaca Alqur’an dengan baik dan benar
4. Hafal Juz 30 Alqur'an /Juzz ’amma
5. Mampu menerjemahkan Alqur’an Juzz 'Amma
6. Bisa sholat dengan baik dan benar
7. Mampu menghafal doa-doa sehari-hari dan membiasakannya
8. Menjadi anak sholeh dengan aktivitas Islam sehari-hari seperti :
- Sholat
- Ngaji
- Doa sehari-hari
- Menjaga pergaulan Islami
- Menghormati orang tua dan guru.
9. Mampu mengerjakan Ujian Akhir
Nasional dengan hasil baik.
10. Menjadi Pecinta Ilmu (Manusia Pembelajar) dengan :
10. Menjadi Pecinta Ilmu (Manusia Pembelajar) dengan :
- Membaca
- Mendengarkan
- Melihat, dan
- Bertanya.